Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google

Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google 



 -Anaktimor17 Blog | Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberiakan Tips Blogging buat temen-temen semuan. Tipsnya adalah Cara Membuat Rating Bintang pada Blog di Pencarian Google.
Hemm apakah kalian sudah pernah menemukan sebuah blog yang memiliki Rating Binatang di pencarian Google ??? Pasti sering tuhh... Nah di sini saya akan Memberitaukan gimana caranya biar ada Rating Bintang di Pencarian Google.
Mungkin cara ini sudah banyak yang Share, tapi mungkin di antara temen-temen ada yang belum tau, nahhh akan saya beritau dehh. Ohh ya penasaran nga dengan hasilnya... Seperti apasih nanti kalo saya pasang Ratingya. Oke dehh saya kasih Demonya biar Kalian bisa menilainya, mau memasangnya atau tidak.
Nahh udah liat Demonya kan .. Itu demonya ada di blog saya
Sebenarnya apasih keuntungan Kalo kita Pasang Rating Bintang di Blog Kita...??
Fungsi utama dari Rich Snippet yang berupa Rating Bintang pada umumnya adalah untuk menarik perhatian Pengunjung yang melihatnya, coba kalian perhatiin Blog yang di pasang Rich Snippet dengan blog yang biasa-biasa aja, pasti beda kan ?? kalian pasti memilih Blog yang yaaa.... ada Ratingnya bitangnya (Rich Snippet) yang keliatannya lebih keren, walaupun isinya biasa-biasa aja. Iya kan ????

Ada juga pendapat yang lainnya menegani Rich Snippet..  adalah bisa membuat artikel kita nampak Catch Eyes di SERP. Bukan hanya untuk mempercantik blog saja..Tetapi memberikan informasi kepada pengunjung dan robot.. Contoh : Siapakah Author blognya, kapan update artikelnya, dll. Biasanya yg dipasang rich snippet sering di no 1 google.

Kalo udah tau fungsinya tunggu apa lagi, pasang Yukk apalagi bisa buat menarik pengunjung lebih banyak karena menariknya itu..... Oke dehh dari pada berlama-lama akan saya Tunjukan gimana si Cara Memasang Rating Bintang (Rich Snippet) di Pencarian Google.

Di sini saya nga hanya menunjukan 1 Cara aja, tetapi akan ada beberapa Pilihan yang bisa kalain pilih untuk di pasang di blog kalian. Yang pertama nanti Rich Snippet yang hasilnya hanya Bintang dan nama G+ nya trus Cuman menampilkan rating Bintang saja.

Untuk Kode yang Pertama Seperti di bawah ini nanti, Ini kode biasanya Berbentuk Bintang dengan nama Pengarang yang ada di G + nya. Kalo yang Scrip ini Masih tergolong Beta, aliasanya kadang-kadang muncul-kadang-kadang juga tidak muncul. Saya sendiri memakai kode  ini, dulu waktu pertama kali pasang muncul tapi sekarang udah jarang yang muncul, cuman beberapa aja.

Kelebihanya apa kalo pake Scrip ini.... Kelebihanya adalah bisa di gabungkan dengan Gambar Profil dari G + nya jadi lebih menarik. Tapi karena masih Beta jadi jarang keluar. Kalo di uji tampilannya seperti ini :

Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google
Nahh kalo mau memasang kodenya....
Pertama kalian Masuk ke Blogger, Trus Pilih menu Themplate..
Kalo kalian takut terjadi apa-apa mending Back Up dulu Themplatenya, biar aman.
Pilih  Edit HTML
Jangan Lupa Centang Expand Template Widget nya yaa... nanti nga muncul Pencarian Kodenya.

Cari Kode " <data:post.body/> " Lalu Pasang kode dibawah ini dibawah kode tadi
( <data:post.body/> )....

 
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style='margin-top: 30px; font-size: 11px; color:#777;'>
<div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review'>
<center>Judul: <span itemprop='itemreviewed'><data:post.title/></span>; Ditulis oleh <span itemprop='reviewer'><data:post.author/></span>; Rating Blog: <span itemprop='rating'>5</span> dari 5</center>
</div>
</div>
</b:if>
Ini saya Contohin pemasangannya di blog saya... Kalo kalian memasang Auto readmore, pasangnya setelah kode Auto Readmorenya. Pasti kodenya nga cuma 1 kan yang  <data:post.body/> biasanya terdapat 3 kode seperti itu. Pilih yang ke 2 aja, karena biasanya untuk kode yang ke 2 kode untuk Posnya.
Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google
Untuk hasil di Pencarian Googlenya Seperti yang ada di Demonya. Kalo Kode yang ke 2 Adalah Rich Snippet (Rating Bintang) yang hanya menampilkan Rating saja, tidak bisa di gabungin dengan Gambar Profil G+ nya. Kalo di uji seperti ini... Ini saya memakai Blog saya yang lainya.
Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google
Langkah-langkah Pemasangannya masih Sama seperti yang di atas, tinggal di ganti aja kodenya pake yang ini :
 
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> <div style='margin-top:30px'> <div itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Review-aggregate'> <div style='padding:5px; font-size:11px; float:left;'> Judul: <span itemprop='itemreviewed'><b><data:post.title/></b></span><br/> Rating: <span itemprop='rating' itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Rating'>       <span itemprop='average'>100%</span>     </span>     based on <span itemprop='votes'>99998</span> ratings.     <span itemprop='count'>5</span> user reviews.<br/> Ditulis Oleh <b><a href='/'><data:post.author/></a></b></div> </div> </div> </b:if>
Ini Pemasanganya :
Kalo Udah di pasang  Kalain Bisa mengujinya di Tool Rich Snippet Google Klik aja Di ini. Lalu isikan Alamat blog kalian dan Lihat Hasilnya.. Misal Seperti ini hasil dari Blog saya :
Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google
Kelebihanya apa Kalo pake Scrip yang ini... dari pada Scrip yang pertama tadi?? Adalah Scrip ini mampu muncul di semua Posting yang kita terbitkan di Pecncarian Google. Jadi semunya akan ada tampilan Rating Bintang yang berbentuk peringkat 100% dari- 99998 di Semua Post yang muncul di pencarian Google
Nahh kalo Kekuranganya apa?? Di Rich Snippet ini hanya bisa menampilkan Rating Bintang Berbentuk angka saja Tidak bisa menampilkan Gambar Profil G + nya.
Gimana ??? Mau pilih memasang yang mana?? Mau yang Pertama atau yang ke 2 ?? dengan Masing -masing kelebihan dan kekurangngannya....
Ohh ya kalian juga bisa Berkreasi dengan Kode itu lo .. baik untuk tampialan di Serch engine Google atau juga bisa tampilan di Blognya. Yaa Sebisa -bisa kalian menghiasnya .. heee. Mau tak kasih contohnya nanti kepanjangen artikelnya.
Ini saya kasih Kode -kode Dasarnya aja.... Kalian juga bisa menambahkan untuk menampilkan Foto di tampilkan blognya. Kalo kalian mau tapi Kode di atas udah cukup untuk bisa menampilan Rating Bintang (Rich Snippet) di Pencarian Google.

Demikian artikel Cara Membuat Rating Bintang di Pencarian Google -Anaktimor17 Blog yang bisa saya sampaikan, apabila ada tutur kata yang kurang pas saya Mohon Maaf yang sebesar-besarnya.

By Markus Kono -- Semoga Bermanfaar ^_^
3 comments
  1. Putra Kefa
    @Anangili Terimaksih atas kerjasamanya sob :)
  2. Putra Kefa
    @Si Keyboard Pintar Silahkan sob,asal jangan salah jalan :)