Cara Membuat Seleksi Otomatis Pada Tag Blockquote dan Pre

Cara Membuat Seleksi Otomatis Pada Tag Blockquote dan Pre
Cara Membuat Seleksi Otomatis Pada Tag Blockquote dan Pre, Anaktimor17 Blog - sobat bloggers, tips kali ini saya share untuk sahabat yang suka bagi-bagi script.
Denga cara ini, script/code yang di bagikan akan ter-blok otomatis baik di klik sekali ataupun di double klik. Seperti yang ada di blog ini saya gunakan event sekali klik. Kebanyakan blogger menggunaka standar kode itu pada tag code atau tag pre.
     Tips ini bisa digunakan pada tag blockquote dan pre  .Ok, langsung ke cara pemasangannya:


Anda copy script di bawah ini dan taruh di atas code </body>

 <script type='text/javascript'>
var pres = document.getElementsByTagName(&quot;blockquote&quot;);
for (var i = 0; i &lt; pres.length; i++) {
  pres[i].addEventListener(&quot;dblclick&quot;, function () {
    var selection = getSelection();
    var range = document.createRange();
    range.selectNodeContents(this);
    selection.removeAllRanges();
    selection.addRange(range);
  }, false);
}
</script> 


Script di atas tidak mutlak untuk tag blockquote, karena selektornya berupa blockquote maka hanya berlaku untuk tag blockquote.

Cara Setting :


Seperti saya jelaskan sebelumnya, script di atas berlaku untuk tag tag blockquote dan pre, apabila sobat ingin menerapkan untuk tag pre, maka ganti blockquote , menjadi pre.

Pada script di atas, saya menggunakan klik ganda (double click) untuk menerapkan satu kali klik langsung terseleksi, sobat tinggal mengganti dblclick menjadi click.


OK, selamat mencoba semoga berhasil dan jangan lupa komentarnya jika ada masalah :)

7 comments
  1. Blog Kampret
    Wih keren ya tapi saya tidak memerlukan banget nih. Soalnya blog saya bertema game
    • Putra Kefa
      oK sob :) thanks untuk kunjungannya :)
  2. Unknown
    jadi kalau mau copy jadi lebih cepat ya...
  3. Produksi Sukabumi
    oo,. blockquote itu maksud nya,. itu,. haha,. ane baru tahu, dari kemarin ga ngerti masalah ini, hehe
    yap thanks gan markus, tapi kalau code yang kayak gini biasa nya ngaruh ga sama berat nya blog gan?
    • Putra Kefa
      kagak bikin blog berat sob :) coba liat speed blogku disini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/?url=http%3A%2F%2Fanaktimor-17.blogspot.com&tab=desktop