Apa dan Pengertian Tag Kondisional di Blogger/Blogspot


Apa dan Pengertian Tag Kondisional di Blogger/Blogspot, Anaktimor17 Blog – Sobat blogger pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang apa dan pengertian dari tag kondisional. Sobat, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

Apa itu Tag Kondisional?

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang apa itu tag kondisional/conditional tag khususnya pada blogger. Jika masuk kebagian Template dan memilih edit HTML di situ kita bisa menemukan banyak tag kondisional.
Tag kondisional ini digunakan untuk menampilkan/tidak menampilkan seuatu elemen tertentu atau bisa juga untuk mengfungsikan/tidak mengfungsikan halaman yang kita kehendaki.

Supaya tidak semakin bingung dengan penjelasan diatas berikut ini adalah contoh tag kodisional yang umum digunakan pada blogspot.


<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>



Coba perhatikan contoh diatas. Tag kondisonal selalu diawali dengan <b:if> dan diakhiri/tutup dengan </b:if>. Pada setiap bagian tag <b:if> pasti akan ada atrribut cond. Atribut ini menjadi penentu/petunjuk yang menyatakan suatu kondisi. Pada kode data:blog.url == data:blog.homepageUrl merupakan nilai dari atribut yang menjelaskan maksud dari kondisi yang diinginkan.

Kode data:blog.url disini berarti suatu keadaan URL dari sebuah halaman, sementara kode data:blog.homepageUrl adalah perwakilan dari URL halaman muka (homepage). Sperti ini jika kamu memiliki sebuah blog dengan alamat http://contoh.blogspot.com, maka kode data:blog.homepageUrl dapat diartikan sebagai http://contoh.blogspot.com. Bila diartikan kode diatas : 

TAG KONDISIONAL
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>
ARTI KODE
Jika keadaan halaman saat ini sama dengan URL halaman muka/homepage, maka Element/Objek akan ditampilkan/difungsikan.

Dari pernyataan diatas bisa dibalik dengan mengganti pembandingnya saja. Secara normal, sebuah pembanding dapat dituliskan sebagai == yang berarti "sama dengan" atau "menyetujui keadaan". Kode pembanding tersebut juga dapat kita balik menjadi != yang berarti "tidak sama dengan" atau "bukan" seperti ini:
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>

Kode di atas berarti:
TAG KONDISIONAL
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>Element/Objek</b:if>
ARTI KODE
Element/Objek hanya akan ditampilkan apabila keadaan halaman saat ini tidak sama dengan halaman muka/homepage.


Penerapan tag kondisional ada 2 yaitu secara langsung dan secara tidak langsung. secara langsung umumnya seperti pada contoh diatas tapi bila ingin melihat contoh lain yaitu:
TAG KONDISIONAL
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><div id='cnth'>Element/Objek</div></b:if>
ARTI KODE
Jika keadaan halaman saat ini sama dengan URL halaman muka/homepage, maka <div id='cnth'>Element/Objek</div> akan ditampilkan/difungsikan.

sedangkan pada penerapan tidak langsung sebenarnya tag kondisional digunakan untuk mengapik kode CSS dan untuk menghilangkan kode sasarannya digunakan deklarasi display:none seperti contoh berikut:
TAG KONDISIONAL
<b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>
ARTI KODE
<style type='text/css'>
#objek1{display:none;}
</style>
</b:if>

<div id='objek1'>OBJEK1</div>

Seluruh elemen yang memiliki ID objek1 akan disembunyikan apabila keadaan halaman saat ini tidak sama dengan halaman muka/homepage.

Pernyataan di atas pada prinsipnya mempunyai makna yang sama dengan: OBJEK1 hanya akan ditampilkan apabila keadaan halaman saat ini sedang berada di halaman muka/homepage".


Nah Begitulah sedikit penjelasan tentang apa itu tag kondisional pada platform Blogger semoga bermanfaat.
Sumber: http://mkr-site.blogspot.com/2012/09/apa-itu-tag-kondisional.html
Post a Comment